Mengenal MDaemon 00.15

Sekilas Mengenai MDaemon
Mdaemon merupakan sebuah MTA yang terdiri dari dua buah versi yaitu versi standard dan versi pro. Versi standar mendukung aplikasi standar sebuah email server, sedangkan versi pro menawarkan fungsi server email standar serta beberapa fitur tambahan seperti dukungan terhadap banyak domain dalam satu buah server dan IMAP yang sangat sesuai untuk sebuah ISP.

Dengan menggunakan software MDaemon ini, sebuah PC berbasis Windows 95/98 atau Windows NT dapat bekerja untuk menerima dan mengirimkan email bagi sebuah jaringan, dengan kata lain MDaemon menjadikan PC yang terhubung ke Internet menjadi e-mail gateway bagi jaringan di bawahnya. Development dari software ini berdasarkan permintaan dari user, jadi kebanyakan fungsi standar sudah cukup untuk melayani suatu sistem email.
Pada kedua versi ini disertakan pula email yang berbasis web yaitu worldClient, yang memungkinkan pengguna dapat mengakses emailnya darimanapun dan kapanpun, MDaemon didesain untuk dijalankan pada system operasi windows (kecuali versi 3.1) tapi tidak untuk unix dan mac.
Terdapat dua protokol utama yang sering digunakan dalam layanan E-Mail :
1. Simple Mail Transfer Protokol (SMTP)
2. Post Office Protocol Version 3 (POP3)

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
Fungsi utama SMTP adalah menyampaikan E-Mail dari suatu host ke host lainnya dalam jaringan. Protokol ini tidak memiliki kemampuan untuk melakukan penyimpanan dan pengambilan E-Mail dari suatu mailbox. Service SMTP berjalan pada protokol TCP port 25, yang merupakan port standar service SMTP.
Dari sisi klien E-Mail, server SMTP merupakan sarana untuk melakukan outgoing connection atau mengirimkan pesan.

Post Office Protocol version 3 (POP3)
Fungsi utama POP3 adalah mengambil E-mail yang tersimpan dalam mailbox tiap user di mail server atau untuk menerima incoming connection. Service POP3 ini berjalan pada protocol TCP port 110.

1 komentar:

Toko Mainan mengatakan...

Kangen ama m daemon, email serverku jaman dulu
Toko Mainan Bayi Surabaya
Mainan Surabaya

Posting Komentar